Widget HTML Atas

Pembelajaran dalam jaringan (online) PPG Tahun 2019

Salah satu tahapan dalam PPG dalam Jabatan adalah pembelajaran dalam jaringan (online) selama kurang lebih 39 hari. Pada tahun 2019, Pembelajaran Daring PPG Dalam Jabatan tahap 1 dilaksanakan pada 21 Januari sampai 28 Pebruari 2019. Ada 2 mata ajar (Course) yang disajikan: Pedagogik dan Bidang Studi. Masing-masing mata ajar terdiri dari 6 modul. Setiap modul terdiri dari sejumlah kegiatan belajar. Di dalam tiap kegiatan belajar terdapat sejumlah materi, tes formatif, dan forum diskusi. Pada akhir modul terdapat tes sumatif dan tugas akhir. Yang harus dilakukan peserta adalah mengerjakan tes formatif di setiap kegiatan belajar, berpartisipasi di dalam forum diskusi setiap kegiatan belajar, serta mengerjakanmengerjakan tugas akhir di akhir
modul (umumnya file hasil tugas diunggah kembali ke sistem ini) dan tes sumatif di akhir setiap modul.
Pembelajaran daring ini menggunakan LMS (Learning Management System) brightspace. Semua peserta PPG dalam jabatan dan instruktur melakukan aktifitas pembelajaran online pada web dengan alamat https://ppgspada.brightspace.com.

A.  Masuk ke dalam sistem Brightspace
Untuk masuk ke sistem, dimulai dengan memasukkan username berupa nomor peserta dan passwordnya, kemudian klik tombol Log In




Selanjutnya akan ditampilkan halaman awal yang meminta pengguna untuk menyetujui syarat penggunaan. Selain itu terdapat link untuk panduan penggunaan bagi mahasiswa, instruktur, atau helpdesk.Untuk menyetujui pernyataan yang dituliskan, klik pada kotak di sisi “I have read the above Terms and Conditions”, lalu klik pada tombol Accept.


Bila berhasil maka akan sampai pada halaman depan dari web pembelajaran ini yang berisi daftar course (mata ajar) yang diikuti, pengumuman dari admin, dan jadwal penting. Setiap peserta nantinya akan tercatat pada 2 courses: Pedagogi dan Bidang Studi. Sementara ini masih dalam kelas Pedagogi. Course bidang studi akan dimunculkan setelah Pedagogi selesai dipelajari



Klik pada salah satu course yang akan dipelajari saat itu. (Catatan: tampilan di gambar 3 mungkin bisa agak berbeda, tergantung setting yang ditetapkan saat itu)


Pada sisi kiri adalah daftar modul dalam course, di sisi kanan adalah pengantarnya. Angka di sebelah kanan nama modul atau kegiatan belajar adalah jumlah aktifitas yang harus diselesaikan seorang peserta. Bila aktifitas telah dijalankan maka angka berubah menjadi tanda centang (V).

B.  Mempelajari Materi

Setiap course memiliki 6 modul. Untuk masuk ke dalam salah satu modul, maka klik salah satu nama modul. Daftar isi di sisi kiri akan membuka, menampilkan daftar Kegiatan Belajar (KB), sedangkan di sisi kanan akan menampilkan isi modul.



Selanjutnya pilih salah satu Kegiatan Belajar, maka akan di sisi kiri ditampilkan daftar materi yang ada di dalam suatu KB. Sisi kanan melakukan hal yang sama dengan sebelumnya, yaitu menampilkan isi KB yang terpilih.
Di dalam KB ada sejumlah materi, tes formatif, dan forum diskusi. Di akhir setiap modul ada tugas akhir dan tes sumatif. Instruktur bisa saja menambahkan materi, tugas, atau tes yang lain sesuai kebutuhan. Bacalah baik-baik pengantar, capaian kegiatan, dan sub capaian kegiatan yang tertuliskan di situ. Ini membantu mencapai tujuan pembelajaran.

Materi yang disajikan bisa berupa file gambar, file pdf, file presentasi (power point), atau video. Materi ini ada yang bisa diunduh (download) sehingga bisa dipelajari secara offline (tidak perlu koneksi internet). Untuk mengunduhnya, masuklah ke dalam link yang mengarah ke materi, pada akhir materi ada tombol untuk Download



                Contoh link masuk ke suatu materi

Contoh materi dalam format pdf dan tombol untuk mengunduh (download) materi di akhir materi


Tombol download di akhir materi akan mengunduh file dalam bentuk aslinya (pdf atau ppt). Bila menggunakan tombol yang ada di halaman depan materi, akan menghasilkan file dalam bentuk rar (terkompresi) yang berisi file materi dan file lainnya. Cara ini kurang disarankan bila peserta tidak terbiasa menangani file rar atau zip.
Ketika masuk ke dalam materi, maka daftar materi di sisi kiri tidak ditampilkan. Pengguna bisa kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol back di browser atau menggunakan link untuk kembali yang terletak di atas materi. Ini memungkinkan untuk langsung melompat ke awal modul

Link ke bagian lain yang terletak di atas materi


C.  Tes formatif dan Sumatif

Di setiap KB terdapat tes formatif untuk menguji pengetahuan peserta. Bentuknya multiple choice (pilihan ganda). Setiap peserta boleh mengerjakan sebanyak-banyaknya (jumlah pengerjaan tidak dibatasi). Di akhir setiap modul terdapat tes sumatif, dengan bentuk multiple choice, tetapi waktu pengerjaan dibatasi hanya 1 kali pengerjaan saja.
Untuk masuk ke tes formatif atau sumatif, lakukan dengan cara yang sama yaitu melalui daftar materi di sisi kiri yang bertanda “Tes Formatif” atau “Tes Sumatif”. Setelah dipilih, ditampilkan halaman yang berisi petunjuk pengerjaan. Mulailah mengerjakan dengan menekan tombol Start Quiz. Jawaban setiap pertanyaan dimasukkan dengan memilih salah satu opsi yang tersedia.

Halaman instruksi pengerjaan

Contoh soal dan jawaban dalam bentuk pilihan ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang disediakan, secara otomatis jawaban akan terkirim dan soal yang telah terjawab ditandai tanda centang. Anda bisa berpindah ke soal berikutnya dengan menggeser daftar soal ke bawah, atau dengan memilih nomor soal di daftar nomor di sisi kiri  pengerjaan tidak harus urut). Batas waktu pengerjaan soal serta waktu tersisa ditampilkan di sisi atas soal. 

Bila ingin berhenti mengerjakan dan agar waktu tidak berjalan sia-sia, tekanlah tombol X di ujung kanan atas soal, anda akan kembali ke halaman awal. Dari halaman ini pengerjaan bisa dilanjutkan dengan menekan tombol Continue Quiz. Semua jawaban yang telah dipilih akan tetap ada, dan waktu dilanjutkan dari posisi terakhir sebelum berhenti. Berhenti ini bukan berarti mengakhiri tes untuk mendapatkan skor tes.

Untuk selesai (mengakhiri semua pengerjaan), di bagian paling bawah dari soal ada tombol Submit Quiz.


Halaman setelah penekanan Submit Quiz
Setelah memilih submit dan misal ada jawaban yang belum terjawab, maka akan ditampilkan daftar jawaban yang belum terjawab. Pilih salah satu pertanyaan yang belum terjawab (di bagian bawahnya) dan berikan jawabannya.

Seandainya semua telah terjawab, maka tekan tombol Submit Quiz untuk mengirimkan jawaban dan dinilai oleh sistem. Penekanan submit quiz tidak memungkinkan peserta kembali ke jawaban sebelumnya. Hasil penilaian ditampilkan pada halaman itu juga.


Tidak puas dengan penilaiannya? Ulangilah mengerjakan soal dari awal (melalui daftar materi di halaman awal). Pastikan bahwa anda bisa memahami soal dan jawaban yang disediakan dengan baik.

Untuk tes sumatif (tes akhir setiap modul), bentuk dan cara pengerjaannya juga serupa dengan tes formatif, hanya saja pengerjaan dibatasi hanya 1 kali. Perhatikan hal ini, jangan sampai peserta salah mengerjakan. Bobot tes sumatif untuk penilaian akhir lebih besar dari tes formatif.

D. Forum Diskusi
Selain tes dan tugas, aktifitas lain adalah forum diskusi. Suatu forum ditandai dengan tipe “Discussion Topic”.


Untuk selengkapnya download disini