Widget HTML Atas

Prinsip-prinsip peningkatan kompetensi guru

Sebutkan beberapa prinsip peningkatan kompetensi guru!
   Ada dua ( 2 ) prinsip peningkatan kompetensi guru diantaranya :
  1. Prinsip – prinsip Umum,dan
  2. Prinsip – prinsip Khusus

  Penjelasannya: Prinsip – Prinsip Umum sebagai berikut:


  • Demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai agama, nilai Kultural, dan kemajemukan bangsa. 
  • Satu keastuan yang sitematik dengan system terbuka dan multimakna. 
  • Suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan guru yang berlangsung sepanjang hayat. 
  • Member keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreaktivitas guru dalam proses pembelajaran. 
  • Memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalma penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendididikan.


Prinsip - Prinsip Khusus seperti sebagai berikut :

  • Ilmiah, keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam kompetensi dan indikator harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  • Relevan, rumusan berorientasi pada tugas dan fungsi guru sebagai tenaga pendidik professional yakni memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.
  • Sistematis, setiap komponen dalam kompetensi jabatan guru berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten, adanya hubungan yang ajeg dan taat asas antara kompetensi indicator.
  • Aktual dan kontekstual, yakni rumusan kompetensi dan indikator dapat mengikuti perkembangan IPTEK.
  • Fleksibel, rumusan kompetensi dan indikator dapat berubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  • Demokratis, setiap guru memiliki hak dan peluang yang sama untuk diberdayakan melalui proses pembinaan dan pengembangan profesionalitasnya, baik secara individual maupun institusional.
  • Obyektif, setiap guru dibina dan dikembangkan profesi dan karirnya dengan mengacu kepada hasil penilaian yang dilaksanakan berdasarkan indicator – indicator terukur dari kompetensi profesinya.
  • Komprehensif, setiapa guru dibina dan dikembangkan profesi dan karirnya untuk mencapai kompetensi profesi dan kinerja yang bermutu dalam memberikan layanan pendidikan dalam rangka membangun generasi yang memiliki pengetahuan, kemampuan atau kompetensi, mempu menjadi dirinya sendiri dan bisa menjalani hidup bersama orang lain.
  • Memandirikan, setiap guru secara terus - menerus diberdayakan untuk mampu meningkatkan kompetensinya secara berkesinambungan, sehingga memiliki kemandirian professional dalam melaksanakan tugas dan fungsi profesionalitas.
  • Professional, pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru dilaksanakan dengan mengedepankan nilai – nilai profesionalitas.
  • Bertahap, dimana pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru dilakasankan berdasarkan thap waktu atau tahapan kualitas kompetensi yang dimiliki oleh guru.
  • Berjenjang, pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru dilaksanakan secara berjenjang berdasarkan jenjang kompetensi atau tingkat kesulitan kompetensi yang ada pada standar kompetensi.
  • Berkelanjutan, pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru dilaksanakan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta adanya kebutuhan penyegaran kompetensi guru.
  • Akuntabel, pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada publik.
  • Efektif, pelaksanaan pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru harus mampu memberikan informasi yang bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat oleh pihak – pihak yang terkait dengan profesi dan karir lebih lanjut dalam upaya peningkatan kompetensi dan kinerja guru.
  • Efisiensi, pelaksaan pembinaan dan pengembangan profesi karir guru harus didasari atas pertimbangan penggunaan sumberdaya seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

No comments for "Prinsip-prinsip peningkatan kompetensi guru"